Jun 17, 2009

Nilai

Whoa!

Gue baru aja dari sekolah tadi. Niatnya mau intensif karena soal gue masih di Kak Ana. Tapi ternyata kayaknya ga ada intensif deh. Dan tadi, anak2 banyak banget yang dateng karena pada mau ambil SKHUS, sementara sebelum ada ijazah dari pemerintah.

Gue deg-deg an banget. Masih berharap nilai gue bagus. Supaya kalo di rata2 in jadi 8.4 ke atas. Ternyata, harapan gue terkabul. NEM gue rata2nya 8.5-an. Gue awalnya mikir, gue bisa nih ambil Undergraduate Monbusho Scholarship atau Beasiswa Monbusho untuk S1. Masih senang2 nih gue sampe rumah.

Nah, agak mulai buyar impian gue pas liat web-nya. Di sana tertulis nilai ijazah. Nah lho! Nilai ijazah itu nilai UAN, UAS apa gabungan? Gue terus mikir sambil nge-save soal2 monbusho 2007 plus jawabannya. Siapa tahu bisa gue pake belajar kan?

Sampe akhirnya gue mencatat nomor kontak Kedubes Jepang. Tadi pagi sih nyokap nyuruh gue nanya ke sana untuk mastiin lagi. Sebenernya, gue males. Kenapa? Ya, gue itu ga gitu suka nelpon yang kayak gitu. Nelpon Pizza untuk pesen aja males. Okay, balik ke topik deh. Akhirnya abis sholat pun, gue langsung ambil tuh kertas bertuliskan nomor telpon dan duduk di sebelah meja telpon. Dengan dag dig dug gue memencet nomor itu. Ini cuplikan percakapan.

PK (pegawai Kedubes)
G (gue)
PP (pegawai Kedubes Pendidikan)

PK: Halo selamat siang, good afternoon
G: Halo, Mbak. Kalo mau nanya tentang beasiswa Monbusho di mana ya?
PK: Sebentar ya, saya sambungkan dengan pendidikan
G: Oke.

(gue nunggu masih dengan dag dig dug. nggak lama kemudian)

PP: Ya dengan pendidikan selamat siang
G:Siang Mas. Kalau mau ikut beasiswa Monbusho, apa aja yang perlu disiapin ya?
PP: Anda lulusan SMA?
G: Iya, Mas.
PP: Oh, ya. Bawa nilai UAN dan UAS serta rapor terakhir kelas 3 untuk ambil formulir. Minimal nilai untuk S1 8.4, D3 dan D2 8.0
G: Ooh. Hmm, nilai rata-ratanya UAN sama UAS digabung terus dibagi semua ya, Mas?
PP: Iya.
G: Oh iya kalau belum dapat rapor mesti minta dari sekolah dulu ya? (sumpah ini pertanyaan bodoh banget. ya iyalah nif!!)
PP: Iya. Kalau tidak lengkap, kami tidak bisa memberi formulir pendaftaran
G: Oh. Tanggal 24 itu terakhir ambil formulir atau terakhir pengumpulan berkas?
PP: Terakhir pengumpulan berkas. Tanggal 24 semua berkas harus sudah masuk ke kami
G: Oh, gitu ya. Makasih ya Mas
PP: Baik, selamat siang

(Gue tutup langsung telponnya dan berlari ke kamar)

Pas banget abis telpon, gue langsung ngambil HP dan menuju SKHUS gue untuk menghitung rata2 gue. Gue jumlah tuh total nilai UAN sama UAS gue dan gue bagi 13. Ternyata oh ternyata, rata2nya cuma 7.5-an. Gue lemes. Jangan S1, D2 aja ga dapet. Gue langsung nelpon nyokap dan mengabarkan hal ini.

Kata nyokap, udah dicoba aja. Dan pas gue lagi telponan ma nyokap, gue tiba2 inget. Kayaknya, satu mapel ga di UAS-in. Abis selesai nelpon, gue lari lagi ke SKHUS gue dan liat ternyata dugaan gue bener. Bodoh banget gue tadi ngebagi dengan 13. Harusnya cuma 12. Gue ulang lagi penghitungan gue dan ternyata....

Nilai rata2 gue 8.1-an. Gue masih ada harapan. Yah, walau nggak S1 tapi masih bisa ambil D2. Kenapa ga D3? D3 hanya untuk lulusan IPA karena itu kayak ITB gitu deh. Teknik.

Yah.. Sial! Semua gara2 PKN gue nih yang nilainya 6.70. Masa sih itu nilai gue? Gue kan udah mengerahkan seluruh usaha gue. Trus, masa Jepang gue cuma 8.44? Yah, sudahlah. Yang penting, gue masih ada harapan untuk ngambil formulir walau cuma D2. Gue bakal usahain bisa terus dapet beasiswa untuk nerusin S1 di sana. Siapa tahu gue jadi kaya trus bisa ngirim nyokap dan adek gue ikut ke Jepang. Haha.. Kita emang perlu mimpi kan?

Well, wish me luck you guys. Doain gue menjadi salah satu siswa yang bisa lolos dan terbang ke Jepang tahun depan ya.. See ya and good luck for every dreams you make.


rgds,

-nph

4 comments:

Niwayan Putri said...

aduh goodluck yaaa nif. tipis banget beda nilai loooo. insyaAllah bisaaa deh yaaa ;)

Najma Amtanifa said...

amin amin
ada masalah lagi wa, gue butuh rapot.
haha.. ribet daah

doain aja kalo emang ini jalan gue dan rezeki gue sih, pasti dapet.

thankies yaa..

Keisha Carynda said...

itu nanti kuliahnya english-speaking atau japanese-speaking??

Najma Amtanifa said...

hmm.. kayaknya 1/2 1/2 karena kan sekolah bahasa dulu gitu.
kenapa kei? sorry baru bales comment-nya.