Apr 17, 2015

Pasca Wisuda Lalu…….



Hai…
Just like the post before, I finally got my degree. Secara resmi udah sarjana. Udah diwisuda. Lalu? Iya ya, lalu apa? Idealnya sekolah > kuliah > kerja. Tapi apa memang segampang itu? Nyatanya, yang gue alamin sih nggak segampang itu.

Gue jujur aja kuliah lebih dari batas waktu ideal yang gue mau. Empat tahun itu maksimal (bayangan ideal di kepala gue). Tapi ternyata, gue lebih dari itu. Memang rencana itu bisa dibuat, tapi kenyataan kadang nggak seindah rencana. Long story short, lulus pada akhirnya setelah lima tahun. Lalu setelah itu kerja kan? Seharusnya. Nah, emang sekarang lagi ngapain?

Jadi sarjana ternyata nggak seindah yang dibayangin ya. Nyari kerja juga nggak segampang yang dipikirin. Jujur, gue ini memang hidup mudah. Well, bukannya gue anak orang kaya, nggak. Tapi paling nggak, saat gue kuliah, gue nggak perlu nyari duit sendiri, kerja, untuk bayaran. Alhamdulillah, orang tua masih bisa membiayai. Lalu? Ya kehidupan kuliah gue ya gitu-gitu aja. Karena nggak merasa butuh uang lebih (walau kadang kepikiran juga) gue nggak berusaha mencari kerja seperti teman-teman gue yang lain. Dari yang kerja ngajar les privat bahasa Jepang, les di bimbel ngajar MIPA, jadi penerjemah lepas atau apapun deh. Gue nggak pernah kepikiran untuk ikutan.

Awalnya alasannya karena rata-rata jobnya jauh dari rumah. Kedua alasannya karena ngajar MIPA (anak IPS ini nggak mungkin ngajar fisika kan?). Ketiga, karena nggak mau ngajar (atau lebih tepatnya dulu beralasan nggak bisa). Idealis atau nggak, gue juga nggak tau. Mungkin iya, gue idealis karena gue pada dasarnya memang nggak ingin jadi guru. Pada akhirnya, beberapa kali gue ikut juga jadi volunteer. Salah satunya waktu Jak-Japan Matsuri. Lumayan juga. Gue pikir saat itu nggak akan dapet honor, namanya juga volunteer. Tapi ternyata dapet, alhamdulillah. Sukses dapet pengalaman, jadi penerjemah ala-ala dan dapet uang jajan, plus seneng-seneng di festival Jepang.

Terus sekarang gimana? Ya alhamdulillah sih masih nganggur. Hehehehe… loh iya, alhamdulillah. Masih dikasih kesempatan nganggur. Banyak loh orang yang kepengen nganggur. Alias kebanyakan kerja jadi pengen libur (iya alasan aja Nifa mah alasan). Tapi serius, sekarang emang masih rajin nyari kerja. Bilang gue masih idealis tapi emang pengennya kerja di bidang yang gue mau. Ortu sebenernya udah gerah kayaknya liat gue kayak nggak ada kerjaannya di rumah. Tapi, percayalah, gue nggak segitu nganggurnya. I’m working for my dream. Hmm, nyicil nulis lebih tepatnya. Tulisan yang seharusnya udah selesai entah bertahun lalu, dan terus menerus gue ulang tapi nggak kunjung selesai.

Anyway, berkali gue curhat sama temen juga. Dan emang, mungkin jalan orang beda-beda. Ada yang mudah dapet kerja, ada yang berpikiran untuk kerja apa aja yang penting dapet kerja dulu, ada yang memang suka dengan kerjaan yang didapat langsung, ada juga yang lama kayak gue. Intinya adalah gimana caranya kita menyikapi ini semua kan? Beban pertanyaan yang berlanjut (dari “kapan lulus?” ke “udah kerja di mana?”), tuntutan dan ekspektasi orang tua yang mungkin tinggi juga daaaaan….. lingkungan sekitar (kayak mungkin teman-teman seangkatan atau teman-teman yang wisuda bareng) yang udah kerja dan udah bisa ‘bahagiain ortu’. At some point, gue iri, tapi sekarang, gue rasa nggak ada yang harus diiriin. Walau nyokap kadang masih suka bikin keki, tapi gue rasa, itulah caranya nyokap nunjukkin kalo dia sayang. Oooh, I love you too mom.

Udah ah. Gue sampe bingung sumpah itu nulis apa aja. Let’s meet at the end of the road, ya…

Ciao,
-Nifa

P.S: gue tadi dapet sms dari Dompet Dhuafa yang katanya gue lolos seleksi dokumen dan dapet panggilan psikotes dari Mizan. Let’s hope for the best ya. Wish me good luck.

2 comments:

nana_0_o said...

Nifaaaaaa~ Lo udah lolos dokumenn?? Gue bahkan gak sempet2 ngirim karna lagi kejar setoran ngajar. Huhuhuhuhuhuhuhu :(

Batal ke kantor po mulu D:

Najma Amtanifa said...

gw sih kemaren dapet smsnya gitu na. cuma karena pendaftaran masih dibuka sampe 30 April, kayaknya masih belum ada ifo lebih lanjut... kirim naaa... mumpung masih bisa.

gue sih sekarang lg di Bandung nih...